Rabu, 26 Maret 2014




LOMBA
ILUSTRASI CERPEN
KARYA IWAN SIMATUPANG
UMUM (16 – 25 TAHUN)


Jika karya seni senilai dengan ribuan kata, begitu juga sebaliknya: satu kata senilai dengan  ribuan karya seni.
Itulah apresiasi, memungkinkan kita menikmati keindahan dan memahami suatu peristiwa  dalam bermacam-macam dunia.

Lomba ini bukan sekadar wadah kreativitas, mereboisasi budaya membaca, mencoba memahami karya-karya sastra, dan menciptakan karya-karya visual, melainkan mempererat persahabatan antara sastra dan seni itu sendiri.    


Rasional:
Memahami dan memasyaratkan karya sastra adalah hal yang sulit. Membaca dan memahami karya sastra adalah kegiatan batin yang wajib memerhatikan bahasa, konteks, keadaan sosial, lingkungan, dan budaya. Karena begitu kompleksnya cakupan dari karya sastra, maka perlu ada pemahaman lain yang tentu dari perspektif lain sebagai penjelas dan pelengkap, salah satunya dengan jalan seni. Ilustrasi dipilih agar semakin memikat masyarakat untuk tergerak dan ingin membaca, khususnya karya-karya sastra.  
Itulah yang mendorong kami, panitia pelaksana, untuk mengadakan lomba ini. Agar nanti masyarakat dapat mudah memahami karya sastra khususnya memasyarakatkan sastra itu sendiri.      


Pengertian:
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilustrasi merupakan gambar untuk membantu memperjelas isi buku atau karangan. Namun, pada lomba ini, ilustrasi yang dimaksud  adalah penggambaran utuh inti isi cerpen.
Cerpen merupakan kesatuan cerita yang memiliki dasar atau inti peristiwa. Peristiwa itulah yang diilustrasikan. Umumnya, tokoh utamalah yang menjadi pusat dari ilustrasi dalam peristiwa. Tidak hanya itu, ramuan dari suasana peristiwa tersebut dapat merupakan kekuatan tersendiri. Sehingga ilustrasi tersebut dapat menarik orang-orang untuk membaca lebih jauh mengenai karya-karya sastra.                     
Produk akhir pada lomba ini ada dua. Satu, berupa karya visual yang memang merupakan padatan dan ramuan dari inti peristiwa pada cerpen tersebut. Kedua, dicantumkannya deskripsi pemahaman peserta mengenai ilustrasi dan penjelasan ilustrasi yang peserta buat dengan cerpen yang dipilih.


Masyarakat     : sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. (KBBI)


1.      Pendaftaran
Pendataraan dimulai dari tanggal 20 Maret – 10 April 2014 via email (festivalsastrabasindo@gmail.com). Yang perlu dicantumkan dalam pendaftaran adalah form pendaftaran yang telah diisi oleh peserta dan foto/scan identitas diri (Kartu Pelajar/ Kartu Mahasiswa/ KTP) dalam satu file (bentuk Microsoft Word atau PDF), dan biaya pendaftaran dikirim via rekening. No Rek. : 0285506861 (atas nama sdr. MADE ROSPITA PRADNYA DEWI)

2.      Ketentuan Lomba
a.       Ilustrasi atau desain merupakan penggambaran utuh inti isi (peristiwa) cerita mengenai salah satu cerpen Iwan Simatupang.
b.      Biaya pendaftaran yaitu Rp 40.000 per karya
c.       Karya berupa gambar tangan di atas kertas. Boleh menggunakan warna (penggunaan crayon, pensil warna dan sejenisnya diperbolehkan).
d.      Karya tersebut merupakan karya asli peserta dan belum pernah dipublikasikan.
e.       Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya.
f.       Desain merupakan satu gambar, bukan rangkaian gambar seperti komik.
g.      Peserta wajib mencantumkan deskripsi mengenai ilustrasi yang dipilih tersebut.
1)      Pemahaman peserta mengenai ilustrasi.
2)      Penjelasan ilustrasi yang peserta buat dengan cerpen yang diplih.  
h.      Desain seukuran dengan (sesuai atau dapat dipakai pada) kertas A3.
i.        Diperbolehkan membubuhkan tanda diri pada pojok desain.     
j.        Peserta wajib membawa desain yang asli (sketsa tangan asli), sebagai bukti keorisinalitas saat tahap dua (penjelasan mengenai tahap dua ada di teknis lomba).
k.      Peserta yang mendaftar namun tidak membayar uang pendaftaran dianggap tidak ikut dalam perlombaan.
l.        Bila peserta yang sudah membayar namun batal mengikuti lomba, uang pendaftaran tidak akan dikembalikan.



3.      Teknis Lomba
A.    Ada dua tahap, yaitu:
1.      Tahap pertama, seleksi. Setelah mendaftar, peserta mengirimkan desainnya yang sudah discan atau difoto dalam bentuk file .JPG atau yang sejenisnya (ilustrasi tidak boleh di edit, kecuali untuk penge-crop-an margin). Batas pengirim sama dengan batas pendaftaran, yaitu sampai tanggal 10 April 2014. Peserta enam desain terpilih akan diundang untuk tanya jawab (presentasi) dihadapan juri, informasi finalis dan juara akan diunggah di Blog (festivalsastrabasindo.blogspot.com).
2.      Pelaksanaan Tanya Jawab dihadapan juri pada tanggal 19 April 2014, bertempat di Ruang Teater Kampus Bawah UNDIKSHA. Sesi ini merupakan sesi presentasi (tanya-jawab). Dalam sesi ini, peserta menceritakan interpretasinya terhadap cerpen yang dipilih. Diharapkan peserta juga menceritakan bagaimana proses kreatifnya dalam pembuatan ilustrasi tersebut. Alokasi yang diberikan adalah 20 menit setiap peserta atau 120 menit untuk semua peserta.   
B.     Seusai Tanya jawab akan dipilih empat juara, yakni: Pemenang 1, Pemenang 2, Pemenang 3, dan Harapan 1, Harapan 2 dan Harapan 3.


4.      Kriteria Penilaian
a.       Kesesuaian dengan cerpen (presentasi)
b.      Artistik
c.       Komunikatif
d.      Orisinalitas


*Ketentuan dapat berubah bila ada penyesuaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar